Sunday, January 17, 2016

6 TEMPAT WISATA KULINER YANG WAJIB DIKUNJUNGI SAAT BERKUNJUNG SINGKAT KE MEDAN

Horas....!!! Kita terbang dulu ke pulau seberang. Kota yang akan kita tuju adalah medan. Kota terbesar di pulau sumatera ini secara sosial ekonomi sekilas mirip dengan kota-kota besar lain di pulau jawa semacam Semarang dan Bandung. Begitu juga dengan wisata kulinernya, Medan punya cerita tak kalah seru. Jika kita berkunjung singkat ke kota ini, maka layak mencoba tempat makan berikut:

1. Durian Ucok

Mungkin belum sah ke medan kalau belum datang dan mencicipi durian asli   medan ini. Tempat ini bisa jadi  adalah salah satu icon dari wisata kuliner kota medan. Buah yang mempunyai harum yang khas ini memang sangat lekat dengan kota medan. Berbagai rasa durian bisa kita pilih sendiri bisa manis, ataupun sedikit pahit (dengan dibantu karyawan ucok). Untuk lokasinya, durian ucok ini ada di jalan iskandar muda.





Suasana durian ucok di malam hari
 2. Mie Aceh Titi Bobrok

 Mie yang satu ini terletak di sebuah kedai di Jl. Setia Budi No. 17 C, Medan. Setahu saya, jam buka dari kedai ini yaitu pada jam 11 siang hingga jam 9 malam. 
Mie yang saya pesan

Tampak depan
     3. Soto Sinar Pagi

    Soto sinar pagi berada di jalan sei deli. Soto Medan sangat berbeda dengan soto-soto lain di Indonesia. Di daerah lain kita mungkin mengenal bermacam soto, seperti soto betawi, soto (sroto) banyumas, soto mie bogor, soto seger  dan lain-lain dengan ciri nya masing-maasing. Namun, soto medan punya kekhasan tersendiri yang membedakannya dengan soto-soto lainnya. Dalam hal ini, soto sinar pagi medan merupakan soto berkuah kental yang sarat bumbu dan berisi daging. Sungguh menggugah selera bukan?
Soto Medan, RM Sinar Pagi


      4. Lontong Ka Lin
Area Parkir Lontong kak Lin

      
Menu yang saya temui disini ada lontong sayur, lontong pecal, nasi gurih, lupis dsb. Selain makanan tersebut rupanya disini kita juga bisa mencicipi bermacam jajanan pasar. Lokasi dari lontong ka lin adalah di jalan Teuku cik ditiro no 76 atau berada di seberang dari SMA Negeri 1 Medan.

Salah satu menu
       5. Baso Methodist
Baso Methodist
    Yang menarik dari baso ini tentu pada first impression nya. Dari pertama saya melihatnya, tampilan visual dari semangkok baso ini sudah berbeda dengan baso pada umumnya yakni lebih banyak daging. Letak dari baso methodist ini berada di pinggir jalan berupa warung tenda di sekitar jalan teuku cik ditiro.
Di pinggir jalan

     6. Meranti
      Siapa yang tidak mengenal bolu yang satu ini. Meranti merupakan salah satu oleh-oleh terpopuler di kota medan. Sebelum meninggalkan kota medan, kita bisa mampir dulu ke bolu meranti untuk membeli oleh-oleh. Di tempat ini, kita tidak hanya akan menemukan bolu saja, namun selain bolu juga terdpat bika ambon, lapis legit bahkan kopi medan dan bermacam kue lainnya. Untuk tempat bolu meranti yang saya kunjungi berada di jl kruing no 2 K medan.

Bolu Meranti


Jenis oleh-oleh lainnya
Dari kunjungan saya ke Medan yang singkat, saya baru sempat mencicipi kuliner-kuliner tersebut. Jika ada yang mau sharing dan memberikan tambahan info, silakan share disini ya...

No comments:

Post a Comment